Fanbase Merajai Social Media

Leave a Comment
Belakangan ini gue ngamatin fanbase-fanbase dari grup band, girlband, idol grup, boyband, dll. Mungkin fanbase ini juga merupakan bentuk kesukaan dan bentuk apresiasi seorang fans kepada idolanya. Niatnya baik, buat mempererat silaturahmi sesama fans. Tapi ada juga yang salah dari kebanyakan fanbase ini. Seperti misalnya akun twitter fanbase JKT48, karena kebetulan gue follow beberapa fanbase tersebut. Dan banyak juga fanbase baru yang mention ke fanbase yang gue follow untuk dipromote atau di promosikan supaya banyak yang follow.


Karena itu fanbase baru makanya dia nyari followers. Nyari followersnya juga kadang gak enak banget caranya. Ada yang bernazar juga "Kalo fanbase ini sampe 100 followers akan ada kuis hadiah pulsa min, tolong promote kami ya..". Nah yang kayak gini, yang nyari follower dengan ngadain kuis ketika tujuannya tercapai yaitu Followers sampe 100 lalu sesukanya. Fanbase baru kayak gini juga lebih mentingin urusan fanbasenya pribadi, jadi konten dari fanbase ini banyak yang OOT (Out Of Topic), banyak yang ngehina grup lain, bukannya update news tentang idola mereka. Selain dengan alasan Kuis hadiah pulsa, ada juga yang lain, yaitu "Kalo fanbase ini sampe 500 followers akan ada kuis hadiahnya jadi admin disini, promote kami ya.. Arigatou". Nah, ini yang gue bilang tadi, setelah tujuannya tercapai mereka mementingkan fanbasenya pribadi dibanding kontent. Jadi mereka mencari admin yang banyak. Jadi kalo nge-post atau tweet, di akhir kalimat ada hashtag inisial admin mereka. Contoh:

  • Udah ada yang nonton PV River-nya JKT48 belum? #MinC
  • Halo, jangan lupa ya, nanti cherrybelle di inbox lho, dont miss it guys! #MinBerak
  • Oiya nanti malam kita akan bahas tentang fanatisme. Jangan ketinggalan ya.. #MinColi

Contohnya ya kayak diatas tadi. Gitu kebanyakn mereka nyari follower dengan hadiah atau jabatan yang menggiurkan tanpa mementingkan Konten dari fanbase mereka yang harusnya membahas tentang idola mereka, malah mereka ngadain kusi terus, ngadain sayembara jadi admin secara terus menerus, sedangkan update news idolanya kurang.

Untuk kalian yang Fans JKT48, mungkin kalian bisa mencoba untuk follow akun @Genderuwota48, @wotagalau, dllnya yang bukan fanbase khusus member. Kenapa? Karena mereka gak cuma bahas dunia peridolan aja, soalnya mereka bukan fanbase yang diisi sama admin yang banyak. Mereka sama kayak akun pribadi yang diisi sama satu orang aja, jadi gak terlalu ngebosenin. Contohnya , kalo @Genderuwota48 dia ada beberapa fitur (bisa dibilang fitur lah ya..) seperti #tantanganUwo. Jadi itu tuh tantangan yang dikasih uwo buat kita followersnya, entah itu buka celana didepan fx, foto muka member lagi tidur, dllnya gokil deh. Kalo @wotagalau, akun ini sering ngasih kalimat atau kata-kata galau yang dikemas dalam sebuah gambar, selain itu juga dia ngasih tips yang gak mainstream untuk memberi selamat kepada member salah satunya dengan ngerekam suara dari Souncloud lalu kasih linknya ke member, its so simple and easy!

Jadi, udahlah fanbase yang mentingin privasi mending gak usah bikin fanbase. Percuma juga kalo followers banyak, ngadain kuis setiap minggu, ngadain sayembara jadi admin sampe ada admin #MinC #MinBerak #MinColi dan sebagainya kalo Konten fanbase kalian gak bermutu dan ketinggalan update news idola kalian. Rugi, udah rugi uangnya buat kuis, tapi gak bermanfaat, tapi kalo banyak uang terserah lah yaa.. Cuma ngasih tau aja, kalo salah ya maaf~~

Nah daripada pusing mending dengerin lagu ini deh, dijamin greget level dewa, Hahahaha... Tapi lagu Justin Bieber ini udah di cover sih, jadi lumayan lah..
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar